Stefan Bradl Akan Jadi Pengganti Jika Marc Marquez Absen

Cidera yang dialami oleh Marc Marquez pada awal musim 2020 hingga kini masih menjadi permasalahan bagi rider Honda Repsol tersebut. Pasca menjalani operasi bedah untuk ketiga kalinya, The Baby Alien masih belum bisa memastikan diri dapat mengikuti musim 2021.

Perlunya proses pemulihan setelah melakukan operasi berkali-kali membuat Marquez dinyatakan belum dapat kembali mengaspal. Adapun pembedahan terakhir pada bulan Desember 2020 lalu mengharuskannya menjalani perawatan antibiotik tambahan dengan masa waktu yang belum dapat dipastikan.

Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi Honda Racing Corporation (HRC) untuk menemukan pengganti selama pembalap utama mereka tidak dapat membalap. Ada beberapa kandidat sempat disebutkan sebagai pengganti. Namun, Stefan Bradl menjadi nama terakhir yang disebut.

Profil Stefan Bradl, Test Rider HRC

Lahir pada 29 November 1989, saat ini Stefan Bradl berada di usia awal 30-an dan masih memiliki performa baik dalam memacu motor balapnya di sirkuit. Stefan menjadi bagian dari Repsol Honda sejak 2019. Saat itu, dirinya menjadi test rider menggantikan Jorge Lorenzo.

Mengawali karier di dunia balap profesional bersama pabrikan KTM sejak 2005, di kelas 125cc. Berkat konsistensi dan prestasinya selama mengikuti balapan Moto3, Bradl berhasil menjadi seorang Wildcard rider bersama KTM sebanyak 3 kali. Kemudian naik ke kelas 250cc bersama pabrikan Jepang Honda.

Pembalap asal Jerman ini menjadi juara dunia pada kelas Moto2 di tahun 2011. Prestasinya ini membuat Bradl mendapatkan kesempatan tes di Valencia dan hasilnya sangat memuaskan sehingga di 2012 dapat bergabung bersama tim Honda LCR sebagai pembalap tes bagi Honda Racing Corporation.

Sejak bergabung di balapan MotoGP, nama Bradl memang tidak setenar Marquez, Lorenzo, atau Rossi, tapi dirinya memiliki prestasi tersendiri dengan statusnya sebagai pembalap tes untuk bendera HRC. Keberadaan Bradl juga menjadi keuntungan tersendiri bagi HRC karena memiliki pilihan ketika harus memutuskan pengganti Marquez musim lalu.

Stefan Bradl Akan Jadi Pengganti Jika Marc Marquez Absen

Kandidat Terbaik Menggantikan Marc Marquez

Kecelakaan yang dialami The Baby Alien pada seri pertama MotoGP pada Minggu 19 Juli 2020 membuat rider tersebut harus mengundurkan diri dari turnamen musim lalu. Karena tidak mungkin membiarkan posisi pembalapnya kosong, pihak HCR langsung mencari pengganti dan memilih Stefan Bradl.

Walaupun pada musim lalu tidak memberikan hasil yang signifikan karena seringkali finish di posisi paling belakang. Walaupun hasil yang diberikan tidak sesuai harapan, tapi HCR tetap merasa Bradl merupakan kandidat terbaik untuk mengaspal sebagai pengganti pembalap utama mereka.

Hingga kini, HCR belum merilis pernyataan resmi apakah Marquez dapat muncul di Tes Pramusim MotoGP 2021. Sebab masa waktu pemulihan rider tersebut tidak dapat diprediksi dengan baik. Bahkan kuat dugaan akan abses di beberapa seri awal MotoGP.

Oleh sebab itu, HRC sudah menentukan bahwa apabila rider andalan mereka tersebut tidak dapat mengaspal akan digantikan oleh Stefan Bradl. Selain Bradl, nama Andrea Davizioso juga kerap muncul dan dikatakan akan menggantikan sementara Marc Marquez. Akan tetapi, menurut Manajer HRC, Tetsuhiro Hikita, hal tersebut mustahil.

Menurutnya, pembalap sekelas Andrea Davizioso tidak tepat apabila hanya menjadi pengganti. Andrea Davizioso merupakan salah satu nama besar di dunia MotoGP dan memiliki kelasnya sendiri sehingga menunjukkan Stefan Bradl untuk posisi tersebut masih menjadi opsi terbaik bagi HRC.

Pemilihan Stefan Bradl sebagai pengganti Marc Marquez pada saat ini merupakan langkah terbaik bagi HRC. Sebab kondisi The Baby Alien masih belum dapat diprediksi dengan tepat. Meski demikian, ada kemungkinan Bradl hanya difokuskan menguji coba beberapa suku cadang bukan untuk memperebutkan gelar juara.

About AdminDetikBola

Check Also

Pihak yang Diuntungkan dengan 2 Balapan MotoGP 2021 di Qatar

Pihak yang Diuntungkan dengan 2 Balapan MotoGP 2021 di Qatar

Jadwal balapan MotoGP 2021 telah direvisi oleh Dorna sebagai penyelenggara Kejuaraan Dunia Balap Motor. Dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *