Perubahan Jadwal MotoGP 2021 Tidak Mengubah Status Cadangan Indonesia

Penundaan gelaran MotoGP Argentina dan MotoGP Amerika Serikat memberi dampak pada perubahan jadwal MotoGP 2021. Pihak FIM, IRTA, dan Dorna telah melakukan beberapa perubahan seri sesuai dengan apa yang telah mereka rilis. Perubahan ini dilakukan jelang musim baru.

Rencananya, ajang tersebut akan dilaksanakan pada 28 Maret mendatang jika tidak ada perubahan lagi. Untuk seri pembuka musim ini di tanggal 26-28 Maret, MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Losail tetap dilaksanakan. Akan tetapi, ada perubahan pada seri lanjutannya.

Seri lanjutan akan tetap berlangsung di Sirkuit Losail pada tanggal 2-4 April sesuai dengan perubahan jadwal yang sudah ditentukan. Hal ini berubah dari jadwal sebelumnya yang direncanakan akan berpindah ke MotoGP Argentina dan MotoGP AS.

 

Ajang Qatar Berlangsung Dua Kali

Nantinya, dua seri secara beruntun akan berlangsung di Qatar. Baru setelah itu, ajang besar tahun 2021 akan dialihkan ke MotoGP Portugal di tanggal 16-18 April. Seri selanjutnya akan berlangsung ke MotoGP Spanyol dari Sirkuit Jerez. Rencana ini masih sama dengan jadwal semula.

Perubahan yang diberlakukan untuk turnamen ini dilakukan sejalan dengan pandemi Covid-19. Perkembangan virus yang tidak menentu membuat beberapa negara memberlakukan lockdown. Hal ini juga berpengaruh pada pelaksanaan turnamen-turnamen besar yang melibatkan banyak negara sebagai peserta.

Hal ini juga terjadi pada ajang MotoGP Argentina dan AS yang mengalami penundaan. Ajang ini awalnya dijadwalkan akan dilaksanakan pada kuartal pertama. Akan tetapi, karena pandemi maka ajang dipindah ke kuartal terakhir dalam kalender MotoGP 2021.

Pada tes pramusim MotoGP 2021, rencana awal akan dilaksanakan si Sirkuit Sepang di bulan Februari, namun haru dibatalkan. Kebijakan ini dilakukan akibat dampak kasus Covid-19 di Malaysia yang meningkat. Hal ini tentu membuat jadwal MotoGP 2021 dipertanyakan.

 

Sirkuit Mandalika Indonesia

Indonesia Masih Tetap Jadi Cadangan

Gelaran di Argentina dan Amerika mengalami perubahan bahkan penundaan memberi dampak untuk jadwal ajang lainnya. Bagi Indonesia yang awalnya akan memakai Sirkuit Mandalika masih berada di daftar sirkuit cadangan menurut kalender revisi. Pihak terkait masih harus menunggu proses homologasi. Sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini sampai sekarang memang belum selesai dan masih dalam proses pembangunan.

Chief Strategic and Communication Officer Mandalika Grand Prix Association memberikan tanggapan mengenai keputusan Dorna Sport masih menempatkan Indonesia sebagai cadangan. Happy Harinto memberi kepastian bahwa pihaknya tidak terlalu mengambil pusing dengan masalah tersebut.

Indonesia berada dalam daftar cadangan bersama dengan Rusia dan Portugal. Padahal berbagai pihak di Indonesia terlah menyiapkan banyak hal untuk menyambut ajang bergengsi yang akan digelar di Tahan Air.

Menurut rencana awal, balapan motor grand prix paling bergengsi itu akan berlangsung di Sirkuit Mandalika. Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah untuk menjamu peserta dari banyak negara. Sampai pihak Dorna Sport mengumumkan jadwal baru ini, pihak Indonesia masih berupaya menyelesaikan segala fasilitas pendukung.

Pihak MGPA berusaha tetap tenang dan masih menyelesaikan Sirkuit Mandalika meski belum pasti apakan Indonesia memiliki kesempatan untuk menjadi tuan rumah. Selagi bekerja keras menyelesaikan pekerjaan tersebut, Happy bersama pihak terkait menantikan jadwal resmi dari pihak MotoGP pada musim ini.

Pihak Indonesia bersama MGPA menegaskan bahwa mereka adalah mitra ajang ini dan siap menggelar ajang balapan di Sirkuit Mandalika jika jadwal resmi sudah final. Indonesia masih memiliki kesempatan untuk bisa masuk dalam daftar inti, terlebih setelah Ceko yang akan memakai Sirkuit Brno memutuskan mundur sebagai tuan rumah.

About AdminDetikBola

Check Also

Santai Bersama Quartararo, Morbidelli Menjadi Yakin dengan Rossi

Santai Bersama Quartararo, Morbidelli Menjadi Yakin dengan Rossi

Franco Morbidelli baru saja mengungkapkan harapan besarnya untuk masa depan kariernya setelah Valentino Rosi ditetapkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *