Penalti Untuk Barcelona Merupakan Kekeliruan

Detik Bola | Berita Bola Pertandingan antara Barcelona vs Real Betis memunculkan sebuah kontroversi. Sebuah tabrakan antara Lionel Messi dan Antonio Adan berbuah penalti. Dalam tayangan lambat terlihat bahwa Adan, sang kiper Real Betis berhasil meninju bola menjahului Lionel Messi bintang Barca yang ingin menyundulnya. Tabrakan keduanya dilihat dari sisi wasit dinyatakan kesalahan ada pada sang kiper. Pengadil lapangan yang bertugas saat itu Inaki Bikandi menilai bahwa Adan telah melanggar Messi dan menghadiahi kartu kuning untuk mantan kiper Real Madrid itu. Selain kartu kuning tim tuan rumah juga memperoleh hadiah tendangan penalti.

Neymar yang maju sebagai algojo memang tidak berhasil menuntaskan dengan baik. Sepakannya membentur mistar gawang. Namun tetap terjadi gol karena bola muntah disepak oleh Heiko Westermann. Sayangnya tendangan Heiko malah menceploskan bola ke gawang Adan. Sehingga terjadi gol bunuh diri yang terjadi di menit ke 29 itu. Penalti inilah yang diprotes oleh para punggawa Betis yang menilai seharusnya pelanggaran diberikan kepada bintang Barcelona yang menabrak Adan. Namun wasit sudah menunjuk titik putih. Sesuai hasil investigasi dan evaluasi oleh badan sepakbola Spanyol (RFEF) mereka memutuskan bahwa penalti itu seharusnya tidak diberikan. Dengan demikian Real Betis bisa mengajukan banding untuk kartu kuning yang diterima Adan.

Barcelona Berhasil Membungkam Real Betis 4 gol

Pertahanan rapat Real Betis selama 28 menit tergolong rapi dan sangat kuat. Barisan penyerang Real Betis yang ingin membobol gawang Adan sepertinya menemui jalan buntu. Hingga akhirnya gol pertama tercipta setelah bola muntah malah diceploskan sendiri oleh Heiko Westermann ke gawang Antonio Adan. Gol bunuh diri itu membuat Barcelona unggul 1-0.

Barcelona menggandakan keunggulan empat menit berselang. Melalui aksi Lionel Messi yang berhasil mengecoh para pemain belakang Betis hingga akhirnya melepaskan tendangan lengkung yang tidak mampu dijangkau Adan. Skor 2-0 di menit ke 33 dan bertahan hingga turun minum. Serangan Barca usai restart langsung berbuah hasil. Kali ini bintang Barca lainnnya Luis Suarez berhasil mengelabui para pemain belakang lawan setelah menerima umpan trobosan dari Sergio Busquets.

Serangan Barcelona tidak berhenti hingga saat itu juga. Penguasaan bola yang mencapai 63% dibandingkan 37% milik Betis menggambarkan Barca mengendalikan permaian yang sangat sulit diimbangi oleh Betis. Real Betis sendiri bukan tanpa peluang. Di menit ke 64 tendangan striker Betis berhasil ditepis oleh kiper Barca Claudio Bravo. Serangan barcelona berlanjut hingga akhirnya Suarez kembali mencatatkan ke dalam papan skor di menit ke 83 yang menobatkannya sebagai top skor sementara dengan 15 gol mengungguli Neymar dan Ronaldo.

Barcelona kini mengakhiri tahun 2015 sebagai pemuncak klasemen sementara dan unggul dari Atletico dengan jarak 2 poin. jarak tersebut bisa melebar karena barca masih punya satu laga lebih banyak melawan Espanyol Selasa (2/1) dini hari.

Detik Bola | Berita Bola, Ulasan Panduan, Galeri, Jadwal Bola, Pasaran Bola

About AdminDetikBola

Check Also

Man United Berhasil Menaklukan Granada pada Leg Pertama

Man United Berhasil Menaklukan Granada pada Leg Pertama

Akhirnya setelah pertandingan begitu sengit antara Manchester United menghadapi Granada Jumat (9/4/2021) dini hari Wib, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *