Peluncuran Motor Baru Ducati untuk Musim MotoGP 2021

Ducati bukan nama asing di dunia balapan MotoGP. Pabrikan asal Italia ini sudah sangat dikenal, bahkan pernah menobatkan pembalapnya sebagai juara dunia. Ducati melaksanakan peluncuran motor sekaligus memperkenalkan dua pembalap baru mereka secara resmi di Bologna, Italia, pada Selasa, 09/02/2021.

Francesco Bagnaia dan Jack Miller akan mengisi tempat di tim utama setelah Danilo Petrucci serta Andrea Dovizioso tidak memperpanjang kontrak. Selain memperlihatkan motor anyar dengan warna merah dan campuran hitam, tim Italia tersebut juga mengganti nama resmi menjadi Ducati Lenovo Team.

Lenovo memang sudah bekerjasama dengan Ducati sejak 2018 dan saat ini menjadi sponsor utama tim tersebut sehingga wajar saja namanya menjadi bagian dalam nama resmi baru tim tersebut. Musim 2021 memang sangat spesial bagi tim Italia ini karena akan berlaga dengan dua pembalap anyar mereka.

 

Livery Merah Masih Mendominasi Motor Baru Ducati

Ducati memang identik dengan warna merah sehingga sangat sulit membuang kebiasaan tersebut dari tampilan motor pabrikan Italia ini. Bedanya, kali ini bodi motor terdapat tulisan Lenovo dalam ukuran besar sehingga dapat dengan mudah dikenali.

Miller dan Bagnaia akan mengaspal bersama Desmosedici GP pada musim pertama mereka di MotoGP dengan livery dominan berwarna merah. Ducati menaruh harapan besar pada kedua pembalap tersebut untuk meraih kembali kebanggaan tim menjadi juara dunia MotoGP. Sebab sejak 2007, pembalap Ducati belum lagi merasakan kemenangan.

Adanya aturan baru pembekuan pengembangan mesin pada putaran MotoGP 2021, maka komponen motor Desmosedici GP20 dan GP21 merupakan carry-over dari mesin Desmosedici GP20 tahun lalu. Dengan ditambahkan pengembangan pada bagian suspensi, sasis, dan aerodinamiknya.

Hadir dengan injeksi elektronik indirect, Motor Desmosedici akan memiliki spesifikasi empat throttle body bersistem ride by wire ganda. Dipadukan dengan transmisi Ducati Seamless, maka diyakini akan memberikan maksimal kecepatan 350 km/jam. Diharapkan dua motor baru ini akan memberikan performa terbaik di musim ini.

Peluncuran Motor Baru Ducati untuk Musim MotoGP 2021

Duet Dua Rider Anyar di Ducati Lenovo Team

Mengawali perhelatan MotoGP 2021, Ducati memang sangat optimis dapat meraih hasil terbaik sebab di musim sebelumnya telah meraih juara dunia konstruktor. Tentu saja, prestasi ini tidak ingin terhenti di titel juara dunia konstruktor saja, tapi sebagai juara dunia rider juga.

Dua pembalap anyar yang telah menandatangani kontrak 3 tahun kali ini bukanlah orang baru bagi tim Italia ini. Sebab keduanya berasal dari Pramac Racing dan kini naik kasta ke balapan MotoGP. Dua rider bertalenta ini diyakini Luigi Dall’Igna, CEO Ducati, mampu membawa kembali masa kejayaan tim Italia ini.

Sejak terakhir kali menyabet juara dunia di 2007 bersama Casey Stoner, tim pabrikan Italia ini belum berhasil mendapatkan gelas juara dunia meski sudah berkali-kali berganti pembalap. Oleh sebab itu, tumpuan harapan pada dua rider baru mereka semakin tinggi untuk meraih gelar juara.

Jack Miller, salah satu rider anyar Ducati mengaku merasa emosional ketika memakai seragam baru dan melihat motor barunya pertama kali. Dirinya hampir tidak menyangka bahwa masih dianggap penting oleh tim yang membesarkan namanya dan kini menjadi bagian tim ofisial.

Miller berjanji akan memberikan usaha terbaiknya saat mengaspal bersama tim ofisial. Karena targetnya bukan hanya berada di tim utama pada perhelatan MotoGP 2021, tapi memberikan gelar juara bagi tim yang sudah mempercayainya menunggangi Desmosedici GP21.

Motor baru untuk gelaran musim 2021 telah dirilis, bersama dengan rider terbaru. Apakah harapan Ducati Lenovo Motor terhadap dua rider barunya di musim 2021 akan tercapai atau tidak? Anda dapat menyaksikan sendiri pada gelaran balapan MotoGP musim 2021 yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

About AdminDetikBola

Check Also

Pihak yang Diuntungkan dengan 2 Balapan MotoGP 2021 di Qatar

Pihak yang Diuntungkan dengan 2 Balapan MotoGP 2021 di Qatar

Jadwal balapan MotoGP 2021 telah direvisi oleh Dorna sebagai penyelenggara Kejuaraan Dunia Balap Motor. Dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *