bumi datar detik-bola

Kaum Bumi Datar Akan Ke Ujung Dunia Untuk Buktikan Teori Mereka

in Detik News

Meski telah banyak bukti yang menunjukkan bahwa Bumi berbentuk bulat, ternyata masih ada kelompok orang yang memegang teguh teori Bumi datar. Dan untuk membuktikan keteguhan hatinya itu, orang-orang ini berencana pergi ke ujung dunia demi menunjukkan jika Bumi itu datar.

Menurut laporan The Next Web, seorang penganut teori Bumi datar bernama Desmond Walsh sedang mencari relawan untuk bergabung dengan kelompoknya, yang dinamai Project Edge, ke Antartika. Selain itu, rencananya kelompok tersebut juga akan melakukan streaming perjalanan mereka ke benua es tersebut.

 Poker Online Terpercaya Indonesia 

Di samping itu, berdasarkan laporan The Free Thought Project, Walsh juga mengklaim bahwa ia memiliki tim “peneliti” yang nanti akan turut pergi ke Antartika.

Sebelumnya, Walsh sempat membuat pengumuman di Facebook terkait rencananya itu. Namun, sepertinya dia menghapus pengumuman tersebut dan juga menutup halaman Facebooknya tanpa alasan yang jelas.

Berbagai upaya penganut Bumi datar

Sebelum Walsh, ada penganut teori Bumi datar lain yang berusaha “membuktikan” teorinya. Orang itu adalah “Mad” Mike Hughes yang pernah meluncur menggunakan roket buatannya sendiri untuk membuktikan teori Bumi datar.

Dengan roket bertenaga uapnya, Hughes berhasil mencapai ketinggian 571 meter pada 24 Maret lalu. Namun ketinggian tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan ketinggian terbang pesawat komersial yang dapat mencapai 35 ribu kaki atau sekitar 10 kilometer.

Hughes juga tidak menjelaskan secara pasti apa yang ia lihat di atas sana.

Bisa dibuktikan dengan matematika

Bentuk Bumi yang bulat sebenarnya bisa dibuktikan dengan matematika. Business Insider melansir bahwa sekitar 2 ribu tahun lalu, seorang ahli matematika dan kepala perpustakaan Alexandria bernama Eratosthenes, telah membuktikan hal tersebut.

Eratosthenes mengamati perbedaan panjang bayangan di dua kota berbeda, yaitu Alexandria dan Syene. Ia menemukan bahwa ada perbedaan bayangan sebanyak tujuh derajat di antara dua kota tersebut.

Lalu dengan menambah jarak antara kedua kota ke dalam perhitungannya, Eratosthenes berhasil menghitung lingkar keliling Bumi hanya dengan peralatan seadanya.

Selain itu banyak foto-foto, baik yang diambil para astronaut maupun satelit, yang telah membuktikan bahwa Bumi memiliki bentuk yang bulat.

Bahkan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, pernah mengatakan bahwa fenomena alam, seperti gerhana, juga bisa menjadi bukti atas bentuk bulat Bumi.

Detik Bola | Berita Bola, Ulasan Panduan, Galeri, Jadwal Bola, Pasaran Bola

IBOSport Agen Bola Terpercaya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*