Big Six Klub Inggris Keluar ESL, Tapi Masih Dikritik

Pada hari Senin, memang raksasa klub Eropa termasuk bagian dari Inggris dengan gagah masuk dan bergabung pada European Super League. Tapi sampai Selasa, situasi sudah sangat panas dan fans masing-masing kurang setuju klubnya masuk ESL.

Sudah sangat jelas bahwa asosiasi resmi seperti UEFA dan FIFA saja telah mengumumkan sanksi bila terlibat dalam perlombaan itu. Sebagai langkah besar, ada 6 klub dari Britania Raya akhirnya mengundurkan diri.

Mulai dari Manchaster City, Liverpool, Manchester United, Tottenham, Arsenal hingga Chelsea, sudah mengumumkan secara resmi kepada publik, atas kemundurannya. Namun, masih saja kena kritik. Penjelasan lebih lanjut, bisa simak di bawah ini.

 

6 Klub Inggris Keluar, ESL Mulai Lemah

Big six mengumumkan mundurnya mereka dari Laga Super Eropa, fans langsung berteriak, bahwa mereka menang. Sebenarnya, para pendukung masing-masing klub bukan bermaksud jahat, justru mereka ingin tim dambaannya kembali ke jalan benar.

ESL memang dianggap kontroversi dengan aturan kurang masuk akal. Hanya para klub besar saja yang boleh ikut berlaga, klub kecil tidak diperbolehkan. Sementara itu, setelah Chelsea mengatakan mundur, penyelenggara kabarnya sedang kembali memperbaiki aturan.

Tapi sepertinya sudah tidak lagi diminati. Karena kabarnya Barcelona dan juga Atletico Madrid akan melakukan tindakan sama seperti big six.

Perlu diketahui, Manchester City adalah klub pertama kali yang berinisiatif untuk keluar. Kemudian, diikuti pula dengan yang lainnya hingga merambah ke klub yang ada di Spanyol sana.

Keluarnya 6 tim dari Inggris, membuat kekuatan ESL menjadi lemah. Kini, hanya tersisa 6 klub saja. Itu juga belum pasti karena kabarnya, SC dan Inter Milan akan segera mencabut keikutsertaannya.

Padahal menurut Perez, selaku presiden Liga Super Eropa itu, kompetisi rencananya akan diselenggarakan pada Agustus tahun ini. proyek super besar ini akhirnya harus ditunda dulu hingga waktu yang belum ditentukan.

Pasalnya, bila bertahan, kemungkinan besar, akan rugi karena UEFA dan FIFA dengan tegas membuat beberapa sanksi, bagi tim yang ikut, seperti berikut :

  1. Dilarang untuk bermain di Eropa
  2. Pentas internasional lainnya juga tidak boleh diikutsertakan.
  3. Semua gelar yang didapat oleh mereka, bisa saja langsung dicopot.
  4. Dan terakhir, semua kompetisi yang diselenggarakan oleh FIF juga tidak boleh mereka ikuti.

 

Big Six Klub Inggris Keluar ESL, Tapi Masih Dikritik

Kritik Pedas Arsene Wenger Pada Klub yang Khilaf

Big six memang telah resmi mengumumkan mundurnya mereka dari ESL, akan tetapi kritik dari berbagai pihak, tetap diterima oleh keenam klub besar Inggris itu, karena khilafnya untuk ikut bergabung ke pentas laga kontroversi.

Salah satu yang memberikan kritik pedas adalah Arsene Wenger, beliau adalah salah satu pejabat organisasi sepak bola dunia, yaitu FIFA. Ia mengritik niat dari big six bergabung pada laga tersebut.

Dampaknya, Premier League menjadi buruk dan para pemain lain kurang fokus ketika bertanding, akibat big six yang bergabung di dalamnya. Banyak laga yang menjadi kurang fokus, karena teralihkan pada ESL.

Wenger kembali berujar, bahwa Inggris memiliki 3 klub terbesar di dunia. Apabila mereka bergabung dan menandatangani dokumen, Premier League hancur dan sulit diperbaiki. Sejak awal, sebenarnya Wenger tidak yakin ESL bakal terjadi.

Ia bahkan sudah memprediksi bahwa ketika pengumuman dikumandangkan, gelombang protes juga akan berdatangan. Dan ia tidak terkejut bila kompetisi tersebut bertahan sangat singkat.

Alasan kenapa ESL banyak protes dan kontroversi, menurut Wenger karena tidak menerapkan prinsip-prinsip dasar dari prestasi olahraga. Jika liga domestik hancur karenanya, supporter akan bertindak tegas akan hal tersebut.

About AdminDetikBola

Check Also

Chelsea Berhasil Tumbangkan Real Madrid dan Lolos ke Final

Chelsea Berhasil Tumbangkan Real Madrid dan Lolos ke Final

Kamis, 6 Mei 2021, Chelsea berhasil mengalahkan Real Madrid dini hari WIB tadi di Stanford …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *